Ketika menjadi guru adalah pilihan

 Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu, Dalam bahasa Indonesia ,Guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar,membimbing,mengarahkan,melatih,menilai dan meng evaluasi peserta didik.

Dalam beberapa kesempatan terkadang seseorang bertanya kepada kita tentang alasan memilih sesuatu.Misalnya alasan memilih menjadi Guru sebagai salah satu profesi yang kita jalani..Menjadi Guru  adalah tugas yang sangat mulia karena dari seorang guru akan terlahir generasi bangsa yang berakhlak dan berilmu, yang mampu membangun Agama dan bangsa yang bermartabat.Guru adalah profesi yang dinamis ,karena setiap harinya akan menemukan sesuatu yang baru.Ada beberapa alasan profesi Guru menjadi pilihan

1. Membangkitkan semangat belajar 

Ketika mengajarkan Sesuatu kepada murid-murid mau tidak mau seorang guru harus menguasainya . Karena tidak mungkin seorang guru memberikan pelajaran yang sama sekali tidak diketahui kecuali dengan semangat belajar 

2. Berpengaruh Terhadap Generasi Mendatang

Guru adalah sosok yg digugu dan ditiru oleh murid-muidnya. Dalam hal ini,generasi muda membutuhkan sosok yang bias dijadikan panutan dalam keseharian mereka . Selain orang tua, guru merupakan orang terdekat mereka disekolah,selain mendapat ilmu mereka akan mencontoh prilaku bijak para guru. Secara tidak langsung guru berpengaruh dalam membentuk prilaku generasi muda dimasa mendatang.

3. Pekerjaan Tidak monoton

Guru merupakan profesi yang dinamis,karena setiap harinya akan menemukan sesuatu yang baru,entah itu aktifitas mengajar yang beragam,prilaku murid yang menggemaskan,ucapan lucu para murid hingga topic pelajaran yang berbeda , Selain itu ada pengalaman berharga dai setiap kisah hidup para murid.

4. Lebih banyak waktu untuk keluarga 

Guru menjadi salah satu pekerjaan fleksibel.,karena memiliki waktu luang yang banyak.Guru memiliki jam kerja yang singkat yang disesuaikan dengan jam sekolah anak-anak. Bekerja sebagai guru menjadi pilihan yang pas untuk perempuan yang ingin meluangkan waktu dengan anak-anak di rumah.

5. Waktu libur lebih lama 

Biasanya guru memiliki waktu libur yng lebih lama karena memgikuti jadwal libur murid-muridnya. Seperti libur lebaran ,libur semester,hari Nasional libur perayaan agama-agama dan libur lainnya.

6. Membangun peradaban.

Seorang ilmuwan bekerja untuk menciptkan penemuan-penemuan  baru,sedangkan guru untuk melahirkan ilmuwan-ilmuwan yang hebat . Maka dari itu,kemajuan suatu peradaban sangat tergantung pada kualitas guru.

7. Pahlawan tanpa tanda jasa

Guru bukan hanya pahlawan tanpa tanda jasa,karena dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa jasa-jasanya sangat besar. Dari generasi ke generasi guru melahirkan murid-murid  berprestasi yang membanggakan nama sekolah bahkan Negara 

8. Ujung tombak pendidikan

Guru memiliki peran yang sangat besar dalam membangun dan memajukan pendidikan di Indonesia. Maka dari itu ,guru menjadi ujung tombak pedidikan karena ia yang mendesain kurikulum dan metode pembelajarn demi pendidikan yang lebih baik.

9. Melatih diri menjadi penyabar dan peduli 

Guru akan menghadapi berbagai karakter dan berbagai sifat dari para muridnya. Maka dari itu , seorang guru di tuntut untuk tidak acuh ,cuek dan menghilangkan sikap keras. Guru lebih dituntut untuk menjadi seseorang yang penyabar dan peduli 

10. Menyalurkan Rasa Cinta kepada Anak-anak

Ada banyak orang yang memiliki perhatian lebih besar kepada anak-anak .Dengan menjadi guru kita meyalurkan rasa kasih saying itu dengan membantu mereka lebih baik dalam berkembang. Kecintaan terhadap anak-anak merupakan salah satu alasan memilih menjadi guru bagi sebagian orang.

Seorang guru dituntut juga harus inovatif,guru harus banyak menelurkan ide-ide baru yang bisa mengangkat prestasi belajar dikelas .Guru yang inovatif akan selalu berpikir menemukan ide baru yang menarik. Mulai dari ide bagaimana agar pembelajaran dikelas tidak selalu di isi dengan ceramah dan latihan soal.Mungkin bisa dengan menemukan media pembelajaran yang mendukung materi pembelajaran,atau bisa juga dengan mencari dan terus berusaha menemukan metode mengajar yang cocok bagi proses belajar mengajar di kelas

Menjadi guru adalah hal yang menyenangkan diantaranya adalah

a. Mengenal beragam karakter,mulai dari murid yang baik ,rajin hingga yang malasnya luar biasa ,beruntung apabila seorang guru mampu berkomunikasi dengan berbagai macam karakter orang.

b. Menjadi sumber ilmu,Guru di anggap sebagai gudang ilmu,sebab itu guru harus memliki pengetahuan yang luas,murid tentunya senang ketika guru mampu menjawab pertanyaan.

c. Melatih kesabaran,Guru patut bersyukur karena dapat belajar mengendalikan diri

d. Memperluas ilmu,Murid zaman sekarang banyak yang berpikir kritis .Hal ini patut diantisipasi guru dengan memperluas ilmunya melalui berbagai macam sumber.

“Pemimpin !Guru! Alangkah hebatnya menjadi pekerjaan  pemimpin dalam sekolah ,menjadi guru dalam arti yang special, yakni menjadi pembentuk akal dan jiwa anak-anak.terutama sekali zaman kebangkitan.Hari kemudiannya manusia adalah di tangan guru itu menjadi manusia.

Demikian sepenggal kalimat Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno tentang guru yang dikutip dari karangannya, Dibawah Bendera Revolusi

Menjadi guru adalah pekerjaan mulia  karena di tangan merekalah masa depan bangsa ini ditentukan. Tugas yang di emban seorang guru tidak ringan,karena guru yang baik tidak hanya memberitahu,menjelaskan atau mendemonstrasikan akan tetapi juga meng inspirasi ,Guru harus mampu memandang perubahan jauh ke depan, dengan demikian guru dapat merencanakanapayang terbaik untuk anak didiknya.

Seorang guru harus dapat mengemban tugasnya sebagai motivator yang mampu memotivasi anak didiknya  agar penuh semangat siap menghadapi dan menyongsong perubahan hari esok.Peran seperti inilah yang disebut olehPresiden Soekarno , Sebagai “Guru dalam arti yang special ,yakni menjadi pembentuk akal dan jiwa anak-anak..SELAMAT  HARI GURU,BAKTI GURU UNTUK NEGERI  



Komentar

  1. Tulisan yang baik sekali. Lengkap dengan deskripsi, masalah, dan cara mengatasi.

    Beberapa hal untuk perbaikan:

    1. Penulisan koma, sebelumnya tanpa spasi. Sesudahnya dengan spasi.

    2. Sebelum dipublish, sebaiknya dilihat agar tidak ada lagi kesalahan penulisan, misalnya kekurangan salah satu huruf, kurang huruf hidup, dan sebagainya.

    Tinggal menulis yang baik seperti ini setiap hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukran Coach ...masukan nya ,InsyaAllah pasti akan terus latihan menulis ,trimksh juga untuk motivasinya

      Hapus
  2. Trimksh buanyak untuk seluruh masukan Coach,Insya Allah pasti latihan tiap hari ,Ilmu dari Coach sangat bermanfaat untuk tajamkan otak dan penyemangat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADA TAPI LANGKA

العاقل يكفي بالاشارة

KISAH CINTA SUFI YANG MENGGETARKAN