PEMBELAJARAN DENGAN METODE TUTOR SEBAYA

 Ada saatnya guru mengalami kebuntuan ide ketika memilih metode pembelajaran yang efektif untuk di terapkan pada proses pembelajaran dalam rangka mencapai kompetensi yang di harapkan.Disinilah guru di tuntut untuk tajam dan jeli memilih metode yg pas dan menarik agar siswa antusias di kelas

Metode pembelajaran sesama teman atau dalam bahasa kerennya peer teaching methods bisa di pilih sebagai alternatif metode pembelajaran yang menyenangkan. Tehnik metode ini menyampaikan materi ajar melalui rekan atau bantuan teman dg kata lain pembelajaran dengan metode ini terpusat pada siswa yang memiliki status umur ,kematangan yang tidak jauh berbeda dari dirinya sendiri.

Ada beberapa langkah yang harus di perhatikan guru dalam pembelajaran dengan metode ini

1. Melakukan seleksi yg bagus terhadap pemilihan tutor,tentunya murid yg memiliki tingkat kepandaian dan kecakapan dalam berkomunikasi dengan murid lainnya.

2. Membagi menjadi beberapa kelompok,satu kelompok satu tutor

3. Guru harus mempersiapkan materi (tutor diajari materi dengan matang) agar tidak menyimpang dalam penyampaian

4. Guru memberikan penjelasan kepada murid,tujuan pembelajaran tutor sebaya

5. Memilih topik yang sesuai dengan kemampuan tutor

6. Memberikan reward kepada kelompok dan tutor yg baik

Kalau pembelajaran dengan metode ini sukses dan mampu di terapkan oleh para guru di kelas maka proses belajar mengajar akan manis,dinamis dan hidup, dengan metode ini pula dapat mempererat tali silaturrahim sesama murid dan menumbuhkan solidaritas antar murid.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADA TAPI LANGKA

العاقل يكفي بالاشارة

KISAH CINTA SUFI YANG MENGGETARKAN