PESANTREN

 Knowledge Is Power But Character is more

Tuan Soekarno, suatu saat ijazah ini bisa di robek dan hancur, dia tidak abadi, ingatlah satu-satunya yang abadi adalah karakter, karakter sangat esensial,sayang kerap disepelekan, padahal setiap detik perjalanan hidup kita, itulah episode pendidikan karakter. ( pesan Rektor Technische Hoges School ) saat Soekarno Presiden pertama RI di wisuda. Akan menjadi hal yang tak bernilai jika kita  memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas tetapi tidak disertai karakter yang baik dan terpuji. Karakterpun tak ada artinya tanpa ilmu pengetahuan sebagai pondasi utamanya, karena karakter yang akan menuntun diri menuju nasib di masa yang akan datang.

Ilmu pengetahuan mempunyai fungsi untuk mengontrol diri dan pengembangan. Sedangkan karakter bertujuan dan membentuk penyempurnaan diri secara komprehensif, guna membentuk kemampuan diri individu.

Pesantren, adalah sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang di kenal dengan sebutan kyai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap. Pesantren juga di pahami sebagai lembaga pendidikan pengajaran agama, umumnya dengan cara nonklasikal, di mana seorang kyai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa arab oleh ulama abad pertengahan, dan para santrinya biasanya tinggal di pondok ( asrama ) dalam pesantren tersebut.

Kehadiran Pondok pesantren merupakan suatu magnet tersendiri dalam menciptakan generasi insan muslim yang berkualitas. Selain sebagai wadah menempa ilmu agama dan ilmu umum, lembaga pendidikan ini memiliki peranan dalam memajukan pendidikan Indonesia. Para lulusannya diharapkan memiliki kesalehan yang kokoh, jiwa mandiri dan berkep ribadian mulia.

Ada sepuluh karakter yang dimiliki santri, sebagai penuntut ilmu, kerja sama saling mendukung, keteladanan, kepemimpinan,pengorbanan, konstruktif dalam berfiki, persuasif dalam memberi argumentasi, suka memberi baik moril maupun materiil, dan suka melayani..Ciri-ciri santri ini harus ditanamkan sejak dini.

Bangga menjadi santri...

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADA TAPI LANGKA

العاقل يكفي بالاشارة

KISAH CINTA SUFI YANG MENGGETARKAN